Untuk menggaet calon konsumen, toko online yang menjual produk fashion perlu sebuah deskripsi yang menarik. Berikut kami jabarkan contoh deskripsi toko online fashion yang bisa dicontek oleh pelaku usaha.
Selama ini, banyak pemilik toko online di bidang fashion yang cuma memerhatikan kualitas gambar produk yang ditampilkan di etalase toko. Padahal, idealnya, mereka juga perlu memerhatikan deskripsi toko online yang notabene bisa memengaruhi penjualan.
Deskripsi toko penting untuk dibuat jika membuka toko di marketplace. Pasalnya, ada ratusan bahkan ribuan toko online yang bersaing di dalamnya, sehingga penting untuk menampilkan deskripsi toko guna memberikan kesan profesional kepada masyarakat.
Coba bayangkan, apa jadinya kalau sebuah toko online tak menampilkan informasi apapun pada halaman mukanya. Dalam banyak kasus, calon pembeli akan merasa ragu dan pada akhirnya mencari toko lain yang lebih meyakinkan.
Baca juga: Berapa Sih Modal Usaha Bengkel Motor? Segini Kira-kira yang Harus Disiapkan!
Perlu diketahui, deskripsi toko berbeda dengan deskripsi produk. Deskripsi toko memuat informasi mengenai nama toko, visi-misi, produk yang dijual, alamat toko jika ada, nomor telepon, dan lain sebagainya. Sedangkan deskripsi produk memuat informasi tentang detail produk yang dijual, seperti bahan, ukuran, cara mencuci, hingga cara penyimpanan.
Lantas, bagaimana cara membuat deskripsi toko online di bidang fashion yang baik dan benar? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!
Sampaikan kalimat salam
Di bagian pembuka, buatlah kalimat salam yang ramah dan tidak kaku. Dalam hal ini, pemilik toko bisa memulainya dengan menulis, “Halo, selamat datang di toko kami.”
Dengan menulis kalimat seperti itu, calon konsumen akan merasa nyaman untuk berpetualang di toko tersebut.
Pakai bahasa yang natural dan tidak bertele-tele
Poin kedua, gunakan bahasa natural yang mudah dipahami oleh masyarakat pada umumnya. Hindari menggunakan kalimat yang sulit dimengerti, seperti singkatan atau bahasa yang tidak umum. Selain itu, buatlah tulisan dengan singkat, padat, dan tidak bertele-tele.
Jelaskan secara singkat tentang produk yang dijual
Ini yang utama. Tulislah secara singkat tentang produk fashion yang dijual. Misal, “Menjual jaket, baju, dan celana yang 100% original.”
Baca juga: Apa itu Uang Digital? Simak Definisi dan Bedanya dengan Uang Elektronik!
Cantumkan kontak yang dapat dihubungi sekaligus jam operasional
Untuk mempermudah transaksi, cantumkanlah kontak yang bisa dihubungi, seperti nomor ponsel, alamat email, hingga akun media sosial. Lampirkan pula informasi tentang jam operasional agar calon konsumen tidak merasa kecewa saat tidak direspons di luar jam operasional.
Beri tahu syarat dan ketentuan
Di sini, tulisan yang bisa ditampilan meliputi kebijakan pembatalan, pengajuan kembali, hingga waktu pemrosesan. Misal, “Semua pesanan yang masuk akan diproses setelah H+1.”
Beri salam penutup
Yang terakhir dan tak kalah penting, beri salam penutup yang ceria. Ini penting untuk memberikan kesan ramah di mata calon konsumen.
CONTOH DESKRIPSI TOKO ONLINE FASHION
Inilah contoh deskripsi toko online fashion yang bisa dijadikan referensi oleh pelaku usaha:
Contoh 1
Halo, Guys. Selamat Datang di Toko Fashion Jeni!
Kami menjual jaket impor yang original.
Kalau mau tanya-tanya, langsung aja getarkan ponsel kami di nomor 0888111***.
Jam operasional: Senin-Jumat jam 08.00-18.00 WIB.
Kalau mau komplain atau retur, jangan lupa lampirkan video saat unboxing, ya!
Selamat berbelanja!
Baca juga: Simak Baik-baik, Begini Cara Mengatasi Penipuan Kode OTP!
Contoh 2
Selamat Datang di Toko Merry, supplier kemeja wanita terlengkap di Indonesia!
Kami buka setiap hari dari pukul 09.00-18.00 WIB.
Pembayaran sebelum pukul 15.00 akan dikirim di hari yang sama.
Untuk menanyakan stok barang, harap chat admin di nomor 0819888****.
Happy shopping!
Ya, itulah contoh deskripsi toko online fashion yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat!
Leave a Reply