Blog

Daftar Antrean Pajak Online itu Mudah, ini Caranya!

danain-Daftar antrean pajak online-gambar ilustrasi pajak

Daftar antrean pajak online

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberlakukan antrean online bagi masyarakat yang ingin datang ke kantor pajak untuk sejumlah keperluan. Sistem ini telah berlaku sejak September 2020 lalu. Lantas, bagaimana cara daftar antrean pajak online?

Pandemi covid-19 kemarin membuat sejumlah aktivitas manusia jadi berubah secara drastis, tak terkecuali dalam hal cara mengantre di ruang publik. Hal ini pula yang dilakukan oleh DJP sejak tahun 2020 lalu, yakni menyediakan layanan berbasis teknologi yang bernama Kunjung Pajak.

Sekadar informasi, Kunjung Pajak adalah sebuah layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh tiket antrean pelayanan pajak secara online. Melalui Kunjung Pajak, masyarakat bisa memesan terlebih dulu tiket antrean pelayanan pajak sebelum datang ke kantor pajak.

Kunjung Pajak merupakan inovasi dari DJP yang sengaja dibuat untuk mencegah penyebaran virus corona yang ketika itu cukup masif. Dengan adanya program tersebut, pelayanan pajak secara offline tetap bisa berjalan aman sekaligus nyaman.

Baca juga: Anti Ribet, ini Syarat Pinjam Uang di Koperasi!

Kamu mungkin bertanya-tanya, pelayanan apa saja yang tersedia di Kunjung Pajak?

Setidaknya, ada sejumlah pelayanan yang dapat dipilih oleh Wajib Pajak (WP) melalui Kunjung Pajak, antara lain Loket Tempat Pelayanan Terpadu, Konsultasi SPT Tahunan, Konsultasi Perpajakan, Konsultasi Aplikasi, Layanan Janji Temu, Layanan Konsultasi Program Pengungkapan Sukarela, dan layanan lainnya yang tidak termasuk dalam enam kategori tersebut, seperti halnya validasi PPhTB.

CARA DAFTAR ANTREAN PAJAK ONLINE

Daftar antrean pajak online terbilang cukup mudah. Berikut caranya, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

  1. Kunjungi laman https://kunjung.pajak.go.id.
  2. Klik tombol “Daftar” yang terdapat pada bagian bawah halaman.
  3. Centang kolom “NIK” untuk mengisi data sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pilih kolom “Paspor” untuk mengisi data berdasarkan paspor.
  4. Isi kolom Nama Pengunjung, Status Pengunjung, NPWP, Nama WP, Email, dan Nomor Ponsel.
  5. Kalau sudah, klik tombol “Berikutnya”.

Baca juga: Biar Nggak Rugi, Apa yang Dilakukan Perusahaan Bila Mengalami Over Production?

  1. Isi beberapa hal mengenai Penilaian Kesehatan mandiri secara jujur. Kalau sudah, klik “Berikutnya”.
  2. Isi waktu dan tempat kunjungan pada form Layanan & Waktu. Kalau sudah, klik “Berikutnya”.
  3. Cek kembali informasi yang sudah diisi, lalu klik “Booking” untuk dapatkan tiket antrean.
  4. Nomor antrean akan dikirim secara otomatis ke alamat email yang telah didaftarkan.
  5. Screenshot nomor tiket tersebut dan tunjukkan kepada petugas saat kedatangan.

Bagaimana kalau WP lupa atau tak sempat screenshot nomor tiket antrean online? Dalam hal ini, ada cara mudah untuk menyiasatinya, yakni:

  1. Masuk ke laman https://kunjung.pajak.go.id/.
  2. Geser ke bagian bawah, lalu klik “Cari Tiket”.
  3. Telusuri nomor tiket antrean dengan mengisi NIK atau nomor Paspor.

Sebagai informasi tambahan, khusus untuk layanan “Janji Temu”, WP harus menghubungi pihak yang dituju terlebih dulu sebelum menentukan jadwal kunjungan. Setelah berhasil menghubungi pihak terkait, barulah WP bisa mengisi daftar antrean online seperti panduan yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga: Adakah Orang yang Bisa Membantu Melunasi Utang? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Di saat bersamaan, DJP juga mengimbau masyarakat yang sudah memiliki nomor antrean untuk datang ke kantor pajak 10 menit sebelum waktu kunjungan yang sudah dipilih. Jangan lupa membawa identitas diri, seperti KTP atau paspor, sebab petugas di sana akan memeriksa kesesuaian nomor tiket dengan identitas yang bersangkutan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai layanan Kunjung Pajak yang digagas oleh DJP serta cara mudah untuk daftar antrean pajak online. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply