Blog

Perbedaan Tagline dan Slogan Dalam Dunia Bisnis

danain-Perbedaan tagline dan slogan-gambar ilustrasi bisnis

Perbedaan tagline dan slogan

Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa tagline dan slogan adalah dua hal yang sama, padahal sebenarnya tidak. Lantas, apa perbedaan tagline dan slogan?

Istilah tagline dan slogan sudah tidak asing lagi dalam dunia pemasaran. Kedua kata tersebut kerap digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sebuah merek atau produk yang dipasarkan.

Namun demikian, ternyata masih banyak yang salah kira dengan kedua istilah itu. Banyak yang menyangka bahwa tagline dan slogan merupakan dua hal yang sama.

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan beberkan perbedaan tagline dan slogan, seperti dikutip dari berbagai sumber. Yuk, simak sampai tuntas!

DEFINISI TAGLINE DAN SLOGAN

Tagline adalah kalimat singkat yang mudah diingat oleh masyarakat untuk tujuan branding sebuah bisnis. Tagline dibuat oleh perusahaan untuk menjelaskan esensi, karakter, dan faktor pembeda dari kompetitornya.

Baca juga: Investasi Emas Fisik Vs Emas Digital, Lebih Menguntungkan Mana?

Definisi lainnya, tagline adalah kalimat pendek yang kerap digunakan untuk mendeskripsikan spirit dari suatu perusahaan atau merek, sehingga masyarakat yang membacanya dapat mengenal atau mengingat merek tersebut. Umumnya, tagline akan disematkan berdampingan dengan logo perusahaan atau sebuah merek.

Sementara itu, slogan merupakan rangkaian kata atau kalimat pendek yang memiliki arti dan suara menarik supaya mudah diingat oleh masyarakat. Slogan biasa ditulis dengan kalimat pendek, menarik, dan persuasif, serta bertujuan untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip dari sebuah produk.

Slogan digunakan untuk memasarkan suatu produk dari sebuah merek. Karena itu, slogan kerap memakai frasa yang mengandung ajakan, deskripsi produk, atau target konsumen.

TUJUAN TAGLINE DAN SLOGAN

Dalam dunia bisnis, tagline dan slogan punya tujuan yang berbeda. Tagline akan membuat sebuah merek tampil lebih menonjol daripada kompetitor, sekaligus mampu meningkatkan kredibilitas dan nilai dari merek yang bersangkutan.

Baca juga: Cara Memilih Kartu Kredit dengan Cerdas, Jangan Sembarang Bikin!

Adapun tujuan dari slogan adalah untuk meyakinkan masyarakat bahwa suatu produk lebih unggul dan bisa diandalkan daripada produk serupa yang dikeluarkan oleh merek lain.

PERBEDAAN TAGLINE DAN SLOGAN

Kalau dilihat sekilas, tagline dan slogan bisa dikatakan hampir mirip. Tapi, jika dilihat lebih dalam, keduanya punya perbedaan yang sangat mendasar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tagline merupakan kata atau kalimat yang mewakili sebuah merek, di mana posisi tagline akan selalu ditempatkan berdampingan dengan logo. Sedangkan slogan dibuat secara spesifik mengikuti produk-produk yang dikeluarkan oleh suatu merek.

Poin penting yang perlu diingat, sebuah merek hanya punya satu tagline, tapi bisa jadi memiliki banyak slogan. Tagline berorientasi untuk membangun kesadaran merek, sementara slogan berorientasi pada penjualan produk.

CONTOH TAGLINE DAN SLOGAN

Setelah mengetahui definisi, tujuan, serta perbedaan tagline dan slogan, kini giliran kami menjabarkan contoh tagline dan slogan yang ada dalam dunia bisnis.

Baca juga: Simak, Begini Contoh Deskripsi Toko Online Fashion yang Ampuh ‘Menyihir’ Calon Konsumen!

Seperti yang diketahui, perusahaan teknologi Apple memiliki tagline bertuliskan “Think Different”, sedangkan perusahaan sepatu Nike punya tagline Just Do it.” Kendati begitu, Apple punya beberapa slogan untuk masing-masing produknya.

Salah satu yang populer sebut saja untuk produk iPad. Ketika memasarkan produk tersebut, Apple menyematkan kalimat pendek bertuliskan “Change is in the Air” sebagai slogannya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tagline dan slogan, mulai dari definisi, tujuan, hingga perbedaan tagline dan slogan dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply